Jumat, 05 Desember 2008

Christian Science


Christian Science



Sejarah



Pendiri Christian Science (CS) adalah Mary Ann Baker Glover Patterson Eddy, lahir di Bow, New Hampshire pada tahun 1821. Orangtuanya, Mark dan Abigail Baker, adalah anggota jemaat Congregationalist yang dengan keras menegakkan suatu doktrin predestinasi (takdir) yang menggoncang Mary kecil.


"Doktrin 'unconditional election' (pemilihan tanpa syarat) atau predestinasi, sangat menyulitkan saya: karena saya tidak mau diselamatkan, jika kakak-kakak saya ada di antara mereka yang binasa di dalam pembuangan kekal Allah" (Mary Baker Eddy, Retrospection and Introspection, 13: 5-9). Kehidupannya kemudian terkarakteristik dengan penolakan terhadap doktrin-doktrin yang berpusat pada iman Kristen.




Christian Science Ditemukan



Pada tahun 1866, ketika masih menikah dengan Daniel Patterson, ia menemukan prinsip CS setelah mengalami kejatuhan serius yang mengabarkan ia hampir meninggal. Cerita tentang cedera beratnya bertentangan dengan laporan dokter yang bertugas. Namun, prinsip-prinsip yang 'ditemukan' selama waktu itu menjadi dasar bagi CS. Pada 1875, karyanya Science and Health diterbitkan sebagai tambahan Key to the Scriptures yang ditambahkan pada 1883. Karya ini dinyatakan olehnya sebagai wahyu illahi.



"Seharusnya saya risih menulis Science and Health with Key to the Scriptures seperti yang saya rasakan, apakah itu berasal dari manusia dan saya terlepas dari Allah, sang Penulisnya, namun saya hanya seorang penulis yang menggaungkan keselarasan Sorga di dalam metafisika illahi, saya tidak bisa merendahkan hati demi Christian Science Textbook" (Christian Science Journal, Jan 1901).




Pada tahun 1879 di Charlestown, Massachusetts, Jemaat CS didirikan dan kemudian pada 1892 berubah menjadi First Church of Christ Scientist. Buku Petunjuk Jemaat diterbitkan pada tahun 1895 menentukan tata-cara pemerintahan gereja.



Kematian Mrs. Eddy



Walaupun ia mengajarkan bahwa kematian adalah "sebuah ilusi, kehidupan atas kehidupan" (Science and Health, 584: 9), Mrs. Eddy meninggal pada 3 Des 1910. Kini terdapat suatu dewan direktur yang dihidupkan sendiri untuk memerintah gereja. Tidak ada cara untuk mendapatkan jumlah jemaat CS saat ini secara akurat karena Buku Petunjuk Jemaat mengatakan, "CS tidak akan melaporkan untuk publikasi atas jumlah anggota Gereja Induk, ataupun gereja-gereja cabang" (Artikel VIII, hal. 48). Para pengamat memperkirakan mereka mempunyai anggota sekitar 420.000 di seluruh dunia.




Pernyataan-pernyataan Christian Science




C

S, seperti banyak bidat lainnya, menyatakan wahyu lanjutan "di luar Alkitab" - artinya, kebenaran baru illahi yang belum diwahyukan sebelumnya.



Pada halaman 107, dalam karyanya Science and Health, Mrs. Eddy mengutip Rasul Paulus:


"Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah Injil manusia. Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh pernyataan Yesus Kristus".



Ia mengikuti kutipan tersebut dengan pernyataan ini:


"Pada tahun 1866, saya menemukan CS atau hukum illahi tentang Kehidupan, Kebenaran, dan Kasih dan menamakan penemuan saya CS. Allah dengan penuh rahmat telah mempersiapkan saya selama bertahun-tahun untuk menerima wahyu terakhir Prinsip absolut illahi tentang pemulihan mental secara ilmiah" (Science and Health, 107: 1-6).



Ia melanjutkan, "Darimana datang kepada saya keyakinan sorgawi ini … Ketika rupanya batas-batas keberadaan makhluk hidup, telah berdiri di antara bayangan lembah maut, saya mempelajari kebenaran ini dalam Sains illahi" (Science and Health, 108: 1, 19-21).



Ia menyimpulkan:


"Saya memenangkan jalan menuju kesimpulan absolut melalui wahyu illahi, alasan, dan hal-hal yang ditunjukkan. Wahyu Kebenaran dalam pemahaman secara bertahap datang kepada saya dan nyata melalui Kuasa Illahi" (Science and Health, 109: 20-23).



Pernyataan Mrs. Eddy adalah jelas: Wahyu yang diterimanya ketika hampir meninggal adalah illahi. Ia juga menyatakan kebenaran yang eksklusif: "Apakah ada lebih dari satu kelompok CS ? … Oleh karena itu, hanya boleh ada satu metode pengajarannya" (Science and Health, 112: 3-5). Tak perlu mengatakannya, karena metode satu-satunya itu adalah metodenya.



Buku Petunjuk Jemaat CS menyatakan alasan mereka sebagai "memperingati firman dan pekerjaan Tuhan kita, yang harus dikembalikan kepada agama Kristen yang sederhana dan elemen pemulihannya yang telah hilang" (The Christian Science Church Manual, edisi ke-89, hal. 17).



Alinea berikut mengungkapkan pernyataan Mrs. Eddy yang monumental.


"Pada abad ke-19 yang baru lalu saya menunjukkan hukum illahi tentang CS. Mereka diajukan untuk diuji secara praktis, luas, dan dimana-mana, ketika secara jujur diterapkan dalam keadaan dimana secara manusiawi memungkinkan untuk ditunjukkan, sains ini menunjukkan bahwa kebenaran tidak kehilangan kemanjuran pemulihan dan illahinya, meskipun telah berlalu berabad-abad sejak Yesus mempraktekkan hukum-hukum ini di perbukitan Yudea dan lembah Galilea" (Science and Health, 147: 6-13).



Oleh karena itulah, CS menyatakan telah merestorasi unsur yang hilang dalam agama Kristen, yang disebut pemulihan (kesembuhan), bahwa ketika diterapkan, menunjukkan dirinya dapat berfungsi. Selanjutnya, pengetahuan tentang pemulihan illahi ini menyatakan telah diwahyukan kepada Mrs. Eddy yang menyebarkan 'kebenaran eksklusif' ini kepada dunia. Karena itu CS menyatakan melebihi gereja-gereja ortodoks dengan mengembalikan apa yang telah hilang.



Sumber Otoritas



Mrs. Eddy menyatakan ia menurunkan pengajarannya dari Alkitab, yang diakui sebagai otoritas finalnya. Namun dalam prakteknya, dan seperti yang baru saja kita lihat di atas, ia juga menyatakan bahwa wahyunya lebih baik dan 'lebih tinggi' daripada Alkitab. Sementara Alkitab bertentangan dengan keyakinannya, ia merasa bebas untuk mengabaikan otoritasnya.


"Alkitab adalah satu-satunya otoritas saya. Saya tidak memiliki pedoman yang lain dalam jalan Kebenaran 'yang lurus dan sempit' " (Science and Health, 126: 29-31).



Meskipun ia menyatakan bahwa Alkitab adalah pedomannya, pandangannya tentang Alkitab tidak sesuai sebagaimana mestinya: "Bahan-bahan yang tercatat dalam Alkitab, … tidak lebih penting lagi dari itikad-baik kita daripada sejarah Eropa dan Amerika" (Mary Baker Eddy, Miscellaneous Writings, 1833-1896, hal. 170: 19-21).


"Keputusan berdasarkan pemungutan suara Dewan-dewan Gereja mengenai yang harus dan yang tidak harus dianggap Tulisan Suci; perwujudan kesalahan dalam versi kuno; tigapuluh ribu bacaan yang berbeda dalam Perjanjian Lama, dan tigaratus ribu di dalam Perjanjian Baru, -- fakta-fakta ini menunjukkan bagaimana kesan makhluk hidup dan kebendaan menyusup ke dalam catatan illahi, dengan coraknya sendiri menggelapkan sampai tingkat tertentu halaman-halaman yang diwahyukan" (Science and Health, 139: 15-22).



Mrs. Eddy juga mengasumsikan adanya dua catatan penciptaan yang berbeda dan bertentangan di dalam Kejadian, "Science dalam catatan pertamanya membuktikan kepalsuan catatan yang kedua. Jika yang pertama benar, maka yang lain adalah palsu, karena mereka saling berlawanan" (Science and Health, 522: 3-5). (Untuk bantahan yang teliti atas apa yang disebut teori catatan dua-penciptaan, lihat buku kami, Anwers to Tough Questions, hal. 170-196).



Dalam kenyataannya, ia tidak memperoleh pengajarannya dari Alkitab meskipun pernyataannya mengatakan bahwa "sebagai pengikut Kebenaran, kami menerima Firman dalam Alkitab sebagai pedoman yang memadai menuju kehidupan kekal" (Science and Health, 497: 3-4).



Faktanya adalah, pengajaran CS langsung bertentangan dengan Alkitab. Otoritas nyata dalam CS bukanlah Alkitab, tetapi tulisan-tulisan Mrs. Eddy. Tentang hal ini ia berkomentar tentang karyanya, Science and Health:



"… Ia adalah suara Kebenaran bagi masa kini" (Science and Health, 456:27-28).


"… Kebenaran yang diwahyukan yang tidak terkontaminasi oleh hipotesis manusia" (Science and Health, 457: 1-2).


"Tak ada tulisan atau bahasa manusia manapun yang mengajar saya seperti Science yang terkandung di dalam buku ini, SCIENCE AND HEALTH; dan tidak ada bahasa atau tulisan manapun yang dapat mencampakkannya" (Science and Health, 110: 16-19).





C

S melakukan banyak hal seperti bidat-bidat lainnya; ia memiliki otoritas kedua yang mengatasi Alkitab sebagai otoritas final untuk memecahkan masalah doktrinal. Tulisan Mrs. Eddy merupakan perkataan final sepanjang menyangkut kaum CS, dengan mengesampingkan Alkitab di tempat yang kedua, meskipun di bibir ia memberikan penghormatan kepada Alkitab.



Phineas Quimby



Di dalam sebuah khotbah yang disampaikan Juni 1890, Mrs. Eddy sekali lagi membuat pernyataan tentang wahyu illahi: "CS tidak bisa dihapuskan - tidak dapat ditembus dengan ketajaman perkiraan yang tegas; oleh filosofi yang polos, atau dengan penemuan manusia. Ia kebenaran illahi, dan setiap jam dalam waktu dan kekekalan akan menyaksikan lebih banyak lagi ketabahan dalam penerapan kebenarannya" (Mary Baker Eddy, Seven Messages to the Mother Church, hal. 20-21). Sebaliknya ada bukti yang kuat; bahwa "wahyu illahi" Mrs. Eddy bukan orisinil dari dirinya, tetapi merupakan plagiarisme (jiplakan) dari tulisan dan gagasan Phineas Quimby.



Phineas Quimby adalah seorang yang mengaku sebagai penyembuh yang menerapkan hipnotis dan kekuatan sugesti dalam pengobatannya. Ia menyebut perkataannya, "Sains Kristus" dan "Christian Scienc." Mrs. Eddy menjadi pengikut Quimby yang bersemangat pada 1862 setelah cedera punggungnya disembuhkan olehnya. Ia menulis surat ke Portland (Maine) Evening Courier memuji Quimby dan membandingkan dia dengan Yesus Kristus.



Atas kematiannya, ia memuji Quimby dalam sebuah puisi yang diberi nama "Kata Sambutan Atas Meninggalnya Dr. P.P. Quimby, yang menyembuhkan dengan kebenaran yang diajarkan Kristus dalam perbedaan karena berlawanan dengan semua Isme". Akhirnya ia berusaha memisahkan hubungan apapun antara dirinya dengan Quimby ketika tuduhan meminjam ide Quimby muncul. Namun fakta menunjukkan sebaliknya.



Pada 1921, Horatio Dresser menerbitkan The Quimby Manuscripts, yang jika dibandingkan dengan tulisan Mrs. Eddy, mengungkapkan banyak kesamaan sehingga menimbulkan komentar," … bagi akal sehat, Science and Health secara praktis semuanya merupakan milik Quimby" (Ernest Sutherland Bates dan John V. Dittermore, Mary Baker Eddy: The Truth and The Tradition, 1920, hal. 156).


(Untuk dokumentasi yang lengkap tentang Meminjam gagasan Quimby, kami merekomendasikan Georgine Milmine, 1971, The Life of Mary Baker G. Eddy, Grand Rapids: cetak ulang Baker Book House atas karya 1909, hal. 56-104).



Mrs. Eddy menerima prinsip CS di luar sumber Allah dalam Alkitab. Karena pengajarannya bertentangan dengan pengajaran Allah seperti yang diungkapkan dalam Alkitab, sehingga mereka dikutuk oleh Alkitab dan oleh karena itu Mrs. Eddy adalah seorang pengajar sesat.



Theologi Christian Science



Meskipun CS menyatakan diri sebagai sebuah pernyataan kembali agama Kristen yang ada sejak awal dan murni, ia menyangkal semua hal yang dianggap suci oleh Firman Tuhan.



Allah



Mrs. Eddy mendefinisikan Allah sebagai, "Aku yang terbesar; maha-tahu, maha-melihat, maha-berbuat, maha-bijak, maha-kasih, dan kekal; Dasar; Akal; Jiwa; Roh; Hidup; Kebenaran; Kasih; segala Hakekat; Kecerdasan (Science and Health, 587: 5-8).



Di tempat lain ia menyebut Allah "Dasar Illahi, Hidup, Kebenaran, Kasih, Jiwa, Roh, Akal" (ibid., 115: 13-14).



Mrs. Eddy menyatakan bahwa Allah yang diungkapkan dalam CS bukan pantheistik. (Pantheisme adalah keyakinan bahwa Allah adalah segala realitas yang eksis, termasuk benda duniawi. Hinduisme, karena mengidentifikasi Allah sebagai ciptaan, adalah pantheistik). Untuk menolak Allah yang pantheistik, Mrs. Eddy mengatakan:



Dalam periode pencerahan ini, sebuah pernyataan dari atas mimbar bahwa CS adalah Pantheisme adalah ganjil bagi mereka yang mengetahui apa yang mereka bicarakan - yang mengetahui bahwa CS adalah sains, dan oleh karena itu, bukan hipotetis ataupun dogmatis, tetapi dapat dibuktikan, dan nampak di atas kabut Pantheisme lebih tinggi daripada gunung Ararat di atas air bah (Seven Messages to the Mother Church, Mary Baker Eddy, 1907, hal. 10).




Namun, jika Mrs. Eddy melukiskan Allahnya, ia dengan jelas menyatakannya sebagai ciptaan. Allahnya sebenarnya adalah pantheistik. Ia mengatakan, "Allah adalah sebuah Keutuhan illahi, dan Semua, sebuah kecerdasan yang meliputi semua dan kasih, sebuah dasar yang tak terbatas dan illahi" (Mary Baker Eddy, Miscellaneous Writings, hal. 16: 21-22).



Allah Alkitab, di satu sisi adalah tidak terbatas (Mzm. 139: 7-16), namun adalah pribadi (Yes. 45: 20-25). Dia adalah sang Pencipta, tetapi Dia bukan ciptaan (Yes. 44: 24). Allah Alkitab dan Allah CS adalah tidak sama. Rasul Paulus menyatakan Allah yang benar:



Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia, dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang (Kis. 17: 24-25).



Yesus Kristus



Pandangan CS tentang pribadi Kristus sama sekali tidak alkitabiah: "Kristus adalah kebenaran ideal yang datang untuk memulihkan yang sakit dan orang berdosa melalui CS, dan menyandang semua kuasa Allah. Yesus adalah nama orang yang melebihi semua manusia, telah mewakili Kristus, gagasan sejati dari Allah … Yesus adalah manusia, dan Kristus adalah gagasan illahi; karena itu merupakan dualistis dari Yesus sang Kristus" (Science and Health, 473: 9-16).



Mrs. Eddy berusaha membuat suatu perbedaan antara "Yesus" dan "sang Kristus" seolah-olah mereka adalah dua entitas yang terpisah. Pembedaan demikian adalah tidak mungkin karena Yesus Kristus adalah satu pribadi. Yesus adalah namaNya yang berarti "Yahweh adalah Keselamatan", Kristus, sebutanNya, berarti "Yang Diurapi". Usaha pembedaan yang dibuat oleh para CS itu menunjukkan kekurang-mengertian yang nyata atas Alkitab, misalnya Luk. 2: 11, I Yoh. 2: 22. Dan I Yoh. 5: 1.



Karena Yesus dan Kristus adalah dua entitas yang berbeda menurut CS, doktrin bahwa Yesus Kristus adalah Allah ditolak, "… CS percaya bahwa Kristus Allah … Yesus Kristus bukan Allah …" (Science and Health, 361: 1, 2, 12).



Bertentangan langsung dengan pernyataan di atas, Alkitab dengan jelas mengajarkan doktrin tentang Tritunggal Kudus. Kita tidak percaya dengan polytheisme, atau lebih dari satu Allah. Kita percaya bahwa dalam sifat, ada satu Allah yang benar (Yes. 43: 10), ada tiga pribadi yang kekal dan berbeda (Luk. 3: 22): Bapa (II Ptr. 1: 17); Firman atau Putera (Yoh. 1: 1 dan 14); dan Roh Kudus (Kis. 5: 3-4). Ketiga pribadi ini adalah satu Allah (Mat. 28: 19).



Keselamatan



Sehubungan dengan keselamatan, Mrs. Eddy mengatakan: "Hidup, Kebenaran, dan Kasih dimengerti dan ditunjukkan sebagai yang tertinggi dari segala sesuatu; dosa, penyakit dan maut dihancurkan" (Science and Health, hal. 593: 20-22). Karena bagi CS, tidak ada yang disebut dosa itu, keselamatan dalam konteks alkitabiah sebenarnya tidak perlu. Pengajaran mengenai keselamatan di dalam tulisan Mrs. Eddy adalah mendua dan tidak konsisten. Ia menyatakan berulang kali bahwa dosa hanyalah sebuah illusi (Miscellaneous Writings, 27: 11-12, Science and Health, 71: 2, 287: 22, 480: 23-24, dll.).



Di sisi yang lain, ia menyatakan seperti dikutip di atas, bahwa keselamatan adalah " … dosa, penyakit dan maut dihancurkan". Jika dosa hanya sebuah illusi, tidak punya keberadaan yang nyata, bagaimana bisa dihancurkan? Dengan perkataan lain, apakah bisa menghancurkan sesuatu yang tidak ada? Karena tidak ada pengajaran tentang keselamatan yang selaras dalam CS, sulit untuk mengevaluasinya secara obyektif. Meskipun demikian, pandangan CS adalah suatu teriakan yang jauh dari Alkitab, yang mengajarkan dosa yang nyata (Rom. 3: 23) dan kebutuhan akan seorang Juruselamat (Kis. 4: 12).



Jahat



Dalam CS tidak ada yang jahat: "Disini juga ditemukan garis pernyataan dasar, titik utama dalam CS, bahwa persoalan dan yang jahat (termasuk semua ketidak-harmonisan, dosa, penyakit, kematian) adalah tidak nyata" (Miscellaneous Writings, 27: 9-12). Menurut CS, "Kristus datang untuk memusnahkan kepercayaan akan dosa" (Science and Health, 473: 6-7). Ditekankan lebih lanjut "… kejahatan hanyalah suatu illusi, dan tidak mempunyai dasar yang nyata. Kejahatan adalah sebuah keyakinan yang salah, Allah bukanlah penciptanya" (Science and Health, 480: 23-24).



Karena kejahatan hanya sebuah illusi, maka gagasan kematian Kristus diatas kayu salib atas dosa kita adalah tidak perlu:



Darah Yesus tidak berkhasiat lagi untuk menyucikan dosa ketika tercurah diatas "kayu terkutuk" dibandingkan jika mengalir di dalam urat-uratnya ketika Ia bekerja setiap hari demi pekerjaan BapaNya (Science and Health, 25: 6-8).




Berbeda dengan pengajaran Alkitab bahwa kejahatan (si jahat) adalah nyata (I Yoh. 5: 19) dan bahwa kita tidak akan memperoleh keselamatan jika Yesus Kristus tidak mati di atas kayu salib demi dosa kita (Ibr. 9: 22). Sebagai orang Kristen kita dapat bersukacita di dalam kabar baik bahwa Yesus Kristus "yang telah menyerahkan diriNya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita. BagiNyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin" (Gal. 1;4-5).




Christian Science dan Penyembuhan (Pemulihan)


"Tuhan kita … mempraktekkan kesembuhan Kristen … tetapi tidak meninggalkan ketentuan yang pasti untuk menunjukkan Dasar penyembuhan dan pencegahan penyakit. Ketentuan tetap ini ditemukan oleh CS" (Science and Health, 147: 24-29).



Dalam sebuah bagian yang berjudul "Fruitage" (Berbuah) dalam Science and Health, dinyatakan sebagai berikut:



"Ribuan surat dapat ditampilkan sebagai kesaksian kemanjuran penyembuhan CS dan secara khusus sehubungan dengan begitu banyaknya orang yang telah dibentuk kembali dan disembuhkan melalui membaca atau mempelajari buku ini" (Science and Health, hal. 600).




Pengikuti pernyataan ini ada kira-kita 100 halaman kesaksian kesembuhan dari setiap penyakit yang mungkin oleh mereka yang telah merangkul prinsip-prinsip CS. Tak pelak lagi timbul pertanyaan: Dapatkah CS menyembuhkan? Sementara banyak kesembuhan didalam CS dapat dijelaskan tanpa perlu dihubungkan dengan mujizat, ada beberapa catatan yang kelihatannya adalah kesembuhan yang benar.



Jika ini yang menjadi masalahnya, maka akan menjadi sebuah contoh atas "rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat palsu" yang dikatakan oleh Rasul Paulus (II Tes. 2: 9). Setan adalah pemalsu besar dan usahanya untuk meniru pekerjaan Allah dan mujizat penyembuhan bukanlah pengecualian. Kita semua ingin sehat, tetapi bukan dengan mengabaikan Kristus.



Kesimpulan




C

S bukan Kristen atau sainstifik (ilmiah) karena setiap doktrin historis yang penting dari agama Kristen ditolak oleh CS. Pernyataan wahyu illahi dari Mrs. Eddy bertentangan dengan fakta yang jelas-jelas membuktikan ia tidak mewakili Allah Alkitab. Meskipun ia berbicara di dalam nama Yesus, pengajarannya bertentangan denganNya dalam segala hal.



Untunglah, Yesus memperingati kita melampaui waktu tentang orang seperti Mrs. Eddy: "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka" (Mat. 7: 15-16).





Istilah-istilah CS



Animal Magnetism - Menurut CS, daya tarik kebinatangan, yang sebenarnya salah tafsir, menyebabkan seorang individu mengalami khayalan sesat yang jahat. Daya tarik kebinatangan yang jahat dapat membunuh mereka yang menentangnya.



At-one-ment - Dalam CS dan bidat-bidat gnostik lainnya, adalah merupakan perpaduan antara pikiran Allah dan pikiran manusia seperti ditunjukkan dalam Kristus.



Christian Science Journal - Terbitan periodik CS, yang digunakan untuk merekrut anggota-anggota baru.



Christian Science Monitor - Koran yang diterbitkan CS, sangat mementingkan dunia sekuler, dengan sedikit propaganda religius.



Christian Science Sentinel - Terbitan periodik CS, yang digunakan untuk merekrut anggota-anggota baru.



Eddy, Mary Baker - Pendiri CS. Mrs. Eddy (nama pernikahannya yang ketiga) mengatakan bahwa ia menemukan CS sebagai hasil dari kesembuhan mujizat yang diperkirakan diterimanya setelah kecelakaan yang dialaminya. Ia menulis teks Science and Health with Key to the Scriptures yangdirujuk oleh kaum CS lebih tinggi dari Alkitab.



Immortal Mind - Allah dalam theologi CS.



Mortal Mind - Menurut CS, adalah merupakan sumber illusi (khayalan) yang jahat, penyakit, dosa dan maut.



Quimby, P.P. - Paranormal penyembuh yang memikat pada abad 19 dimana Mary Baker Eddy belajar prinsip-prinsip yang kemudian dinyatakan sebagai wahyu dari Allah yang disebut CS.



Science and Health with Key to the Scriptures - Mengandung pengajaran Mary Baker Eddy, pendiri CS. Kitab ini dipandang sebagai suatu wahyu dengan otoritas yang melebihi Alkitab.



Untuk keperluan intern STT - GRAPHE. Hak terjemahan Hasan Karman, S.H., M.M.


Dilarang memperbanyak tanpa seizin penerjemah dan STT-GRAPHE.




Tidak ada komentar:

Supported By

Share Link

IFB KJV Directory